Senin, 29 November 2010

Mengenal Android


Kebetulan ada tugas kuliah Sistem Operasi yang menanyakan sekitar Android, jadi hasil tugasnya itu sekalian aja saya posting kesini untuk sharing sama teman-teman. :)

Android? Apa itu Android???

Pertama kali saya mendengar nama itu, fikiran saya langsung melambung tinggi ke luar angkasa. Saya kira nama itu adalah sejenis benda luar angkasa yang baru-baru ini ditemukan oleh para ilmuwan yang ahli dibidang tersebut. (Oo em jii) Haha. :D :D

Ternyata, tidak tahunya nama ini adalah sejenis Sistem Operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux yang menyediakan platform terbuka bagi para pengembang (developer) buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak lainnya.

Android tergolong barang baru yang dikeluarin oleh google. Sebuah UI (User Interface) untuk smartphone yang diklaim sebagai opensource. Sehingga, gak cuma pabrikan aja yang punya hak untuk 'oprek', tapi semua orang yang mampu, bisa menjadi developer bagi UI Android ini.


Konsep yang diusung Android ini sebenarnya bukan barang baru. Apple dengan applestore-nya juga sudah melakukan hal itu jauh sebelum google mencetuskan ide Android ini. Demikian juga dengan Nokia, OVI dari Nokia juga sudah lama meluncur.

Selain Apple dan Nokia, sebelumnya teknologi Java dalam setiap handset membuat orang bisa membuat program2 dalam bahasa Java.

Apa sih yang membedakan UI Android ini dengan UI2 lain macam Symbian, Apple, Windows Mobile, Linux (sebenarnya Android ini adalah modifikasi dari kernel linux), dan UI2 pabrikan lainnya ?

Berdasarkan data dari beberapa sumber,

1. Android lebih stabil.

2. Android tidak terlalu menyedot sumber daya dari perangkat tempatnya bersemayam.

3. Android lebih lengkap isinya. Fasilitas-fasilitas di dalamnya sudah termasuk yang paling user friendly. Terutama dari tampilan.

4. Android bersifat flexible. Dia tidak membutuhkan pabrikan untuk modifikasi (dapat kita modifikasi sendiri).

5. Android memampukan perangkat-perangkat dengan daya prosesor dan memory yang pas-pasan dapat menjadi full operated dengan stabil.

6. Android juga mendukung perangkat-perangkat 'high class' seperti tampilan 3D, Graphic User Interface (GUI) yang menarik, GPS, kamera, dll.

Dari artikel diatas, menunjukan semakin banyak dukungan untuk Android dari para developer dan software house untuk kepentingan aplikasi.

Jadi, Anda bisa saja membeli sebuah handset dengan fitur stAndar dan melakukan modifikasi sendiri dengan cara mengunduh aplikasi2 yang Anda suka sehingga handset yang Anda miliki bisa saja menjadi berbeda fungsinya dengan handset milik orang lain untuk merek, type handset yang sama.

Selain itu, jika Anda ingin membuat sebuah aplikasi sendiri untuk handset Anda, itu dimungkinkan. Tentu dengan pengetahuan tentang pemrograman itu sendiri. Anda bisa coba developing sendiri dengan cara mengambil SDK-nya di
Android Developers.

Anda selain bisa menikmati sebuah smartphone yang mumpuni, juga bisa mengisi pundi2 uang Anda dengan menjual aplikasi2 Android buatan Anda. Hebat bukaan?!! J

Selamat mencoba dan menggunakan benda luar angkasa ini. Uppzz maksudnya Sistem Operasi baru untuk telepon seluler ini. Hehe :)


dikutip dari: Kompas forum

0 komentar:

Posting Komentar